hijab.id

Fakta Tentang RA Kartini yang Belum Diketahui oleh Banyak Orang

2 Sep 2020  |  286x | Ditulis oleh : Miao
Fakta Tentang RA Kartini yang Belum Diketahui oleh Banyak Orang

Jika berbicara tentang emansipasi wanita di Indonesia, tentunya kita akan langsung mengingat sosok Raden Ajeng Kartini. Kartini adalah seorang wanita hebat di masanya, yang memperjuangkan hak-hak kaum wanita. Untuk mengingat dan menghormati setiap jasa yang dilakukan oleh beliau, maka setiap tanggal 21 April pun selalu diperingati sebagai Hari Kartini.

Mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia sudah tahu beberapa fakta tentang ibu Kartini. Tetapi, ada juga beberapa fakta tentang RA. Kartini yang hingga kini masih jarang diketahui oleh banyak orang. Berikut ini ulasan tentang RA. Kartini  yang mungkin belum Anda ketahui :

1. Keturunan Ulama dan Memiliki Darah Bangsawan

Kartini adalah seorang gadis dari Jepara yang dilahirkan di tanggal 21 April 1879. Kartini masih keturunan seorang bangsawan. Ayahnya bernama Mas Adipati Ario Sosroningrat. Ketika itu, sang ayah adalah seorang Bupati Jepara yang memiliki garis keturunan Kerajaan Majapahit. Sedangkan, keturunan ulama beliau didapatkan dari sang ibu yang merupakan anak perempuan dari seorang ulama ternama di Jepara. Ulama tersebut bernama Kiai Haji Madirono dan Nyai Haji Siti Aminah.

2. Kartini tak ‘Silau’ dengan Gelar Kebangsawanannya

Sejak kecil, Kartini sudah sering dipanggil dengan sebutan Raden Ayu Kartini. Namun, siapa sangka, ternyata dirinya tak menyukai nama panggilan ini. Semua dimulai ketika Kartini pertama mendapatkan gelar tersebut dari sang ayah setelah dirinya pulang sekolah. Karena merasa penasaran, Kartini kemudian mencari tahu apa sebenarnya makna dibalik nama kebangsawanan tersebut. Sejak mengetahuinya, dirinya pun merasa bahwa tak ada yang perlu dibanggakan sehingga ia lebih suka dipanggil dengan nama Kartini saja.

3. Erat Kaitan dengan Keluarga Poligami

Siapa sangka ternyata kehidupan Kartini sangat erat dengan keluarga Poligami. Menurut informasi, ibu Kartini juga bukanlah satu satunya istri dari sang ayah. Hal ini karena kemudian sang ayah menikah lagi dengan seorang keturunan Ningrat yang bernama Raden Ajen Woerjan. Ketika sudah dewasa pun Kartini dipaksa menikah dengan Raden Adipati Joyodiningrat yang telah memiliki 3 istri. Dari hasil pernikahan tersebut Kartini dikaruniai seorang anak yang bernama Soesalit Djojoadiningrat.

4. Awalnya, ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’ bukanlah Judul untuk Buku

Habis Gelap terbitlah terang pada awalnya bukanlah sebuah buku, melainkan kumpulan surat dari Kartini untuk J.H. Abendanon dan banyak temannya di Eropa. Setelah Kartini wafat, maka J.H Abendanon pun memiliki inisiatif untuk membukukan semua surat tersebut. Judul dari kumpulan surat ini adalah door duisternis tor licht yang kini dikenal dengan nama Habis Gelap Terbitlah Terang.

5. Awal Mula Digunakannya ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’

Oleh Guru Ngajinya, Kartini diberikan sebuah hadiah berupa terjemahan Al-Quran ketika Kartini menikah. Terjemahan ini diberikan nama “Faid Al Rahman fII Tafsir Qur’an”. Ketika membaca buku tersebut, Kartini sangat suka dengan Surat Al Baqarah ayat 257 dimana tertulis “Allah lah yang membimbing orang-orang beriman dari gelap untuk menuju ke cahaya”. Kemudian, kartini pun sering mengulang kalimat dari gelap menuju cahaya untuk setiap surat yang dikirimkan kepada temannya di Belanda. Inilah yang kemudian menjadi awal mula pemberian judul buku Habis Gelap Terbitlah Terang, yang dibuat oleh Sastrawan Pujangga Baru bernama Armin Pane.

6. Nama Kartini digunakan Sebagai Nama 4 Jalan di Belanda

Perjuangan RA Kartini dalam mengangkat harkat dan derajat kaum perempuan ternyata tak hanya membuat takjub banyak orang di tanah air. Banyak juga kaum perempuan di Belanda merasa sangat terkesan dengan apa yang sudah dilakukan oleh Kartini. Mereka merasa terkesan ketika melihat surat-surat Kartini yang dibukukan disana. Setiap orang yang membacanya benar-benar bisa merasakan bagaimana ketidak adilan untuk wanita pribumi di Jawa pada masa itu. Oleh karena itulah, untuk mengenang Kartini, Pemerintah Belanda bahkan menggunakan namanya untuk nama 4 jalan disana. Nama jalan tersebut adalah:

  • RA Kartinistraat di Utrecht
  • Jalan Kartini di Harlem
  • R.A. Kartinistraat di Venio
  • R.A Kartinistraat yang ada di Amsterdam, ibukota Belanda

Kini peninggalan Kartini pun bisa dikunjungi di beberapa tempat yang ada di Jepara serta Museum yang berada di Rembang, Jawa Tengah. Bahkan, makam ibu Kartini pun terawat dengan baik di kota kecil tersebut.

Itulah beberapa fakta menarik tentang R.A Kartini, sang pahlawan emansipasi wanita, yang mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang. Meskipun kita belum pernah bertemu dengan beliau, tetapi kita bisa merasakan setiap lelah dan hasil perjuangan seorang Kartini. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan dan menginspirasi kita semua. 

Baca Juga:
5 Jenis Pecel dari Isian Nasi Merah Hingga Tempe Semangi

5 Jenis Pecel dari Isian Nasi Merah Hingga Tempe Semangi

Kuliner      

23 Jun 2020 | 268


Pecel adalah makanan khas Jawa Timur dan Jawa Tengah yang terdiri dari perpaduan sayuran rebus dan sambal kacang pedas. Makanan ini biasa dihidangkan dengan kerupuk peyek kacang, peyek teri ...

empat

empat

Nasional      

1 Des 2020 | 160


...

Daftar Aksesoris Play Station 5 (PS5) Terbaru

Daftar Aksesoris Play Station 5 (PS5) Terbaru

Tekno      

23 Jun 2020 | 278


Siapa yang tidak suka bermain playstation? Anak 90-an tentunya sudah sangat lumrah dengan playstasion. Apalagi dengan seiring berkembangnya zaman, Sony sebagai vendor gawai permainan ini ...

Gejala Sulit Tidur Cukup Berbahaya, Untuk Mengatasinya Ikuti Tips Ini

Gejala Sulit Tidur Cukup Berbahaya, Untuk Mengatasinya Ikuti Tips Ini

Kesehatan      

30 Jul 2020 | 362


Tidur dimalam hari bagi sebagian banyak orang adalah hal yang mudah. Hanya tinggal menyediakan tempat saja, maka bisa langsung tidur nyenyak kapan saja dan dimana saja. Saat bangun tidur ...

6 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh

6 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh

Kesehatan      

11 Sep 2020 | 276


Sebaiknya kamu melakukan berbagai upaya untuk menjaga kesehatan tubuh setiap hari. Hal tersebut dapat membuat kondisi kamu selalu prima dalam melakukan aktivitas sehari hari dan terhindari ...

Lezat! Ini 5 Jenis Kue Puthu yang Perlu Diketahui

Lezat! Ini 5 Jenis Kue Puthu yang Perlu Diketahui

Kuliner      

25 Jun 2020 | 301


Kue puthu ialah jajanan tradisional yang masih disukai hingga saat ini. Selain menggunakan gula aren dan berbentuk seperti bambu, kini ada bentuk dan varian lain dari jajanan ini. Tentunya ...